5. PROBLEM
BASED INTRODUCTION (PBI)
Langkah-langkah :
a. Guru menjelaskan kompetensi yang
ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan.
Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
b. Guru membantu siswa mendefinisikan
dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut
(menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
c. Guru mendorong siswa untuk
mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan
pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
d. Guru membantu siswa dalam
merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka
berbagi tugas dengan temannya
e. Guru membantu siswa untuk melakukan
refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka
gunakan
6. ARTIKULASI
Langkah-langkah :
a.
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b.
Guru
menyajikan materi sebagaimana biasa
c.
Untuk
mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
d.
Menugaskan
salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari
guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian
berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
e.
Menugaskan
siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
f.
Guru
mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
g.
Kesimpulan/penutup
7. MIND
MAPPING
Langkah-langkah :
a.
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b.
Guru
mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya
permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
c.
Membentuk
kelompok yang anggotanya 2-3 orang
d.
Tiap
kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
e.
Tiap
kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru
mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
f.
Dari
data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi
perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru
8. MAKE - A
MATCH
Langkah-langkah
:
a.
Guru
menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok
untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu
jawaban
b.
Setiap
siswa mendapat satu buah kartu
c.
Tiap
siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
d.
Setiap
siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal
jawaban)
e.
Setiap
siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
f.
Setelah
satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari
sebelumnya
g.
Demikian
seterusnya
h. Kesimpulan/penutup
No comments:
Post a Comment