Xgua

Photobucket

MODEL PEMBELAJARN ( 3 )

        5.     PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI)
Langkah-langkah :
a.     Guru menjelaskan kompetensi yang ingin dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi siswa untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
b.     Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
c.      Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
d.     Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
e.     Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan



         6.     ARTIKULASI
Langkah-langkah :
a.     Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b.     Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
c.      Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
d.     Menugaskan salah satu siswa dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
e.     Menugaskan siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
f.       Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
g.     Kesimpulan/penutup

       7.     MIND MAPPING
   Langkah-langkah :
a.     Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b.     Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
c.      Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
d.     Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
e.     Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
f.       Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru

         8.     MAKE - A MATCH
Langkah-langkah :
a.     Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
b.     Setiap siswa mendapat satu buah kartu
c.      Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
d.     Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
e.     Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
f.       Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
g.     Demikian seterusnya
h.  Kesimpulan/penutup 

No comments:

Post a Comment