Xgua

Photobucket

MODEL - MODEL PEMBELAJARN ( 2 )

         4.     COOPERATIVE SCRIPT
Skrip kooperatif :
metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah :
a.     Guru membagi siswa untuk berpasangan
b.     Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
c.      Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
d.     Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar :
a)     Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
b)    Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
e.     Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
f.       Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
g.     Penutup

  
5.     KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
Langkah-langkah :
a.     Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
b.     Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai
Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
c.      Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
d.     Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
e.     Kesimpulan

   
        6.     STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
Langkah-langkah :
a.     Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
b.     Guru menyajikan pelajaran
c.      Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggotanya yang sudah mengerti dapat  menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
d.     Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
e.     Memberi evaluasi
f.       Kesimpulan

         7.     JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
Langkah-langkah :
a.     Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
b.     Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
c.      Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
d.     Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
e.     Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
f.       Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
g.     Guru memberi evaluasi
h.     Penutup 

No comments:

Post a Comment