1.
EXAMPLES NON EXAMPLES
Langkah-langkah :
a.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan
tujuan pembelajaran
b.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
melalui OHP
c.
Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada
siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar
d.
Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil
diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
e.
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil
diskusinya
f.
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai
menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
g.
Kesimpulan
2.
PICTURE AND PICTURE
Langkah – langkahnya :
a.
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
b.
Menyajikan
materi sebagai pengantar
c.
Guru
menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
d.
Guru
menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi
urutan yang logis
e.
Guru
menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
f.
Dari
alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai
g.
Kesimpulan/rangkuman
3. NUMBERED
HEADS TOGETHER
Langkah-langkah :
a. Siswa dibagi dalam kelompok, setiap
siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
b. Guru memberikan tugas dan
masing-masing kelompok mengerjakannya
c. Kelompok mendiskusikan jawaban yang
benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui
jawabannya
d. Guru memanggil salah satu nomor siswa
dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka
e. Tanggapan dari teman yang lain,
kemudian guru menunjuk nomor yang lain
f. Kesimpulan
No comments:
Post a Comment