5.
THINK PAIR AND SHARE
Langkah-langkah :
a.
Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang
ingin dicapai
b.
Siswa diminta untuk berfikir tentang
materi/permasalahan yang disampaikan guru
c.
Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya
(kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
d.
Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok
mengemukakan hasil diskusinya
e.
Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan
pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan
para siswa
f.
Guru memberi kesimpulan
g.
Penutup
6.
DEBATE
Langkah-langkah :
a.
Guru
membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
b.
Guru
memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok
diatas
c.
Setelah
selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk
berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra. Demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
d.
Sementara
siswa menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide dari setiap
pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide diharapkan.
e.
Guru
menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
f.
Dari
data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak siswa membuat
kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.
7.
ROLE PLAYING
Langkah-langkah :
a.
Guru
menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
b.
Menunjuk
beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
c.
Guru
membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
d.
Memberikan
penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
e.
Memanggil
para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah
dipersiapkan
f.
Masing-masing
siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
g.
Setelah
selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas
penampilan masing-masing kelompok.
h.
Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
i.
Guru
memberikan kesimpulan secara umum
j.
Evaluasi
k.
Penutup
8.
GROUP INVESTIGATION
Langkah-langkah :
a.
Guru
membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
b.
Guru
menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
c.
Guru
memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas
yang berbeda dari kelompok lain
d.
Masing-masing
kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif yang bersifat penemuan
e.
Setelah
selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
f.
Guru
memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
g.
Evaluasi
h.
Penutup
9. TALKING
STICK
Langkah-langkah :
a.
Guru menyiapkan sebuah tongkat
b.
Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari,
kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari
materi.
c.
Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan
mempelajarinya, siswa menutup bukunya.
d.
Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa,
setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut
harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat
bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
e.
Guru memberikan kesimpulan
f.
Evaluasi
g.
Penutup
10. BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah :
a.
Setiap
siswa mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau siswa memilih
sendiri pasangannya).
b.
Guru
memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya.
c.
Setelah
selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
d.
Kedua
pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling
menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
e.
Temuan
baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan
semula.
11. SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
a.
Guru
menyampaikan materi yang akan disajikan
b.
Guru
membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk
memberikan penjelasan tentang materi
c.
Masing-masing
ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan
materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
d.
Kemudian
masing-masing siswa diberikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu
pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua
kelompok
e.
Kemudian
kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari
satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
f.
Setelah
siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk
menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara
bergantian
g.
Evaluasi
h. Penutup
No comments:
Post a Comment