RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan
Mata
Pelajaran
Kelas
/ Semester
Materi
Pembelajaran
Alokasi
Waktu
|
:
:
:
:
:
|
SMAN 1 Wangon
Kimia
XI / 1
Hubungan Konfigurasi Elektron dengan Sistem
Periodik Unsur
30 menit
|
I.
STANDAR
KOMPETENSI
Memahami struktur atom untuk meramalkan sifat
– sifat periodik unsur, struktur molekul dan sifat – sifat senyawa
II.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Menjelaskan
teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan
diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik
III.
INDIKATOR
Kognitif Produk
a.
Menuliskan konfigurasi elektron suatu
atom
b.
Menyebutkan
hubungan
konfigurasi elektron suatu unsur dan letaknya dalam sistem periodik menurut IUPAC dan Amerika
Kognitif Proses
a.
Mendiskusikan materi berdasarkan pembagian kartu
unsur pada Lembar Kerja Siswa dengan kelompok ( Lihat LKS )
b.
Mengerjakan soal-soal dalam Lembar Kerja Siswa
Afektif
Karakter
Jujur dalam menyelesaikan masalah ( menurut pembagian
kartu ) pada LKS secara berkelompok.
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Kognitif Produk
Secara
mandiri, siswa dapat :
a.
menuliskan konfigurasi elektron suatu
atom
b.
menghubungkan konfigurasi elektron suatu
unsur dengan letaknya dalam sistem periodik ( model IUPAC
dan Amerika )
Kognitif Proses
Dalam kelompok, siswa dapat menuliskan konfigurasi elektron dan menentukan
letak suatu unsur ( dalam kartu
unsur ) pada tabel periodik unsur dengan benar.
Afektif
Jujur dalam menyelesaikan masalah ( menurut pembagian
kartu ) pada LKS secara berkelompok
V.
MATERI
AJAR
Konfigurasi Elektron
Konfigurasi
elektron dalam atom menentukan
posisi semua elektron menurut orbital-orbital yang
ditempati.
Periode
Periode
adalah lajur mendatar dalam sistem periodik unsur yang menyatakan bilangan kuantum utama (kulit elektron) dalam periode itu.
Unsur-
unsur yang jumlah kulitnya sama ditempatkan pada (periode)
baris yang sama.
|
Golongan:
Golongan
adalah lajur vertikal dalam sistem periodik unsur yang memiliki kemiripan sifat. Sifat unsur ditentukan oleh
elektron valensi / elektron terluar / outermost electron. Unsur-unsur
yang memiliki struktur elektron terluar (elektron valensi) yang sama
ditempatkan pada golongan (kolom) yang sama. Dengan demikian, unsur-unsur yang
segolongan mempunyai sifat-sifat kimia yang sama.
Penempatan unsur pada SPU model Amerika
GOLONGAN
|
Elektron
Valensi
|
A
|
S,P
|
VIIIB
|
d6-8 S2
|
IB
|
d9 S2
|
IIB
|
d10 S2
|
Penempatan unsur pada SPU model IUPAC
GOLONGAN
|
Elektron
Valensi
|
1-2
|
S 1-2
|
3-12
|
d + S
|
13-18
|
S2 +
P1-6
|
VI.
MODEL
DAN METODE PEMBELAJARAN
A.
Model
Pembelajaran
Model
Pembelajaran Kooperatif : Team Games
Tournament
B.
Metode
Pembelajaran
Kerja
Kelompok, Diskusi
VII.
PROSES
BELAJAR MENGAJAR
No
|
Aktivitas
Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
A.
Pendahuluan
|
||
1
|
Motivasi dan Apersepsi
a. Memotivasi
siswa dengan menggambarkan keberadaan seseorang di lingkungan tempat
tinggalnya ( RT,RW,Jalan,No Rumah ) dan
menganalogikan
dengan keberadaan unsur yang dikelompokkan dalam Tabel Periodik Unsur.
b. Siswa
diajak untuk mengingat kembali aturan – aturan dalam menentukan konfigurasi elektron
|
3 menit
|
2
|
Guru mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk,
proses, dan perilaku berkarakter
|
|
3.
|
Guru mengkomunikasikan aturan - aturan permainan dalam proses pembelajaran
kooperatif tipe Team games
Tournament (LKS )
|
|
B.
Kegiatan
Inti
|
||
EKSPLORASI
|
8 menit
|
|
Guru
membagikan materi dan soal untuk dikerjakan siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi turnamen,siswa
dipersilahkan mempelajarinya
|
||
Guru memberikan materi sebagai pengantar
|
||
ELABORASI
|
10 menit
|
|
1.
|
Guru membagi siswa dalam beberapa
kelompok dengan anggota 3
orang siswa secara acak.
|
|
2.
|
Guru membagikan 1 set kartu unsur
ke dalam
tiap kelompok
|
|
3.
|
Siswa secara kelompok bekerjasama sesuai tugas dan
tanggung jawab menentukan konfigurasi elektron suatu unsur
|
|
4.
|
Siswa dalam kelompoknya menganalisis hubungan yang
logis antara konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam sistem periodik
unsur
|
|
5.
|
Siswa terlibat aktif dalam kelompoknya dan berpikir
kreatif untuk menempatkan kartu unsur dalam bagan sistem periodik unsur.
|
|
6
|
Siswa perwakilan kelompok maju ke depan untuk menempatkan unsur pada SPU
|
|
KONFIRMASI
|
5 menit
|
|
1.
|
Guru membimbing siswa untuk mengevaluasi hasil kerja
kelompoknya sendiri secara jujur dan bertanggung jawab
|
|
2.
|
Guru memberikan hadiah (Nilai sesuai aturan) kepada kelompok yang memilliki
skor tertinggi.
|
|
C. Penutup
|
||
6.
|
Guru memberikan soal – soal post test (LP01)
individu tentang hubungan konfigurasi elektron dengan sistem periodik unsur
|
5 Menit
|
7.
|
Guru menutup pelajaran
a.
Menyampaikan kesimpulan
b.
Menyampaikan materi
pembelajaran minggu depan
|
VIII.
SUMBER
BELAJAR DAN ALAT BAHAN
A.
Sumber
Belajar
1.
Unggul Sudarmo. 2007.
Kimia SMA Kelas XI. Surakarta : Phibeta
2.
LKS – 01 : Lembar
Diskusi
3.
Perangkat Penilaian :
LP-01, LP-02, LP-03
B.
Alat
dan Bahan
1. Slide
power point tentang hubungan konfigurasi elektron dengan Sistem Periodik Unsur
2. Kartu
Unsur
3. Bagan SPU
IX.
PENILAIAN
A.
Teknik
1.
Tes Tertulis
2.
Pengamatan
3.
Penilaian Diri
B.
Bentuk
1. Uraian
2. Lembar
Penilaian Rating Scale
C.
Contoh
Instrumen
1. Penilaian
Kognitif Produk (LP-01)
2. Penilaian
Kognitif Proses (LP-02)
3. Penilaian
Afektif (LP-03)
KISI-KISI
SOAL PENILAIAN
KOGNITIF PRODUK
Tujuan Pembelajaran
|
Soal
|
JENIS TEST
|
RANAH
KOGNITIF
|
NO SOAL
|
|||
C2
|
C3
|
||||||
Menuliskan konfigurasi elektron suatu atom
|
Tuliskan konfigurasi elektron atomnya !
a. 12Mg24
b. 20Ca40
c. 27Co59
|
Uraian
|
v
|
1
|
|||
Menyebutkan
hubungan konfigurasi
elektron suatu unsur dengan letaknya dalam sistem periodik
|
Diketahui konfigurasi elektron dari beberapa unsur
:
L : 1s2 2s2 2p6
3s2 3p2
M : 1s2 2s2 2p6
3s2 3p6 4s2 3d7
Tentukan golongan dan periode dari kedua unsur
tersebut !
|
Uraian
|
v
|
2
|
|||
Observer
( )
|
Jogjakarta, Agustus 2012
Guru
( Dian Mayasari, S.Pd )
No Pest :
12030218710932
|
||||||
LP – 01
PENILAIAN KOGNITIF
Kerjakan soal –
soal berikut dengan baik dan benar !
1.
Tuliskan konfigurasi
elektron atomnya !
a. 12Mg24
b. 20Ca40
c. 27Co
59
2.
Diketahui konfigurasi
elektron dari beberapa unsur :
L : 1s2
2s2 2p6 3s2 3p2
M : 1s2
2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d7
Tentukan
golongan dan periode dari kedua unsur tersebut !
KUNCI JAWABAB DAN NORMA PENILAIAN KOGNITIF PRODUK
Skor Untuk soal no : 1a
JAWABAN
|
SKOR
|
12Mg24 = 1s2 2s2 2p6
3s2
|
5
|
12X24 = 1s2 2s2
2p6
|
4
|
12X24 = 1s2 2s2
|
3
|
12X24 = 1s2
|
2
|
12X24 =
|
1
|
Jumlah Skor
|
Skor Untuk soal no : 1b
JAWABAN
|
SKOR
|
20Ca40 =
[Ar] 4s2
|
5
|
20Ca40 = 1s2
2s2 2p6 3s2 3p6 4s2
|
5
|
20Ca40 = 1s2
2s2 2p6 3s2 3p6
|
4
|
20Ca40 = 1s2
2s2 2p6
|
3
|
20Ca40 = 1s2
|
2
|
20Ca40 =
|
1
|
Jumlah Skor
|
Skor Untuk soal no : 1c
JAWABAN
|
SKOR
|
27Co 59 = [Ar] 3d54s2
|
5
|
27Co 59 = 1s2
2s2 2p6 3s2 3p6 3d5 4s2
|
5
|
27Co 59 = 1s2
2s2 2p6 3s2 3p6 4s2 3d5
|
5
|
27Co 59 = 1s2
2s2 2p6 3s2 3p6 3d5
|
4
|
27Co 59 = 1s2
2s2 2p6
|
3
|
27Co 59 = 1s2
|
2
|
27Co 59 =
|
1
|
Jumlah Skor
|
Skor Untuk soal no : 2a
JAWABAN
|
SKOR
|
Unsur
L = golongan IVA, periode 3
|
5
|
Unsur
L = golongan IIIA,
periode 4
|
3
|
Unsur
L =
|
1
|
Jumlah Skor
|
Skor Untuk soal no : 2b
JAWABAN
|
SKOR
|
Unsur
M = golongannVIIIB, periode 4
|
5
|
Unsur
M = golongann IVB, periode
8
|
3
|
Unsur
M =
|
1
|
Jumlah Skor
|
Jumlah
skor total : 25
Nilai
Akhir =
LP – 02
PENILAIAN KOGNITIF PROSES
Nama Siswa :.......................................
No. Absen :.......................................
No
|
Aspek yang di
evaluasi
|
Skala Penilaian
|
||||
0
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Bila siswa sangat aktif
dalam diskusi untuk menentukan konfigurasi elektron serta letak unsur dalam
SPU
|
v
|
||||
2.
|
Bila siswa sedikit aktif
dalam diskusi untuk menentukan konfigurasi elektron serta letak unsur dalam
SPU
|
v
|
||||
3.
|
Bila siswa sedikit pasif dalam diskusi untuk menentukan konfigurasi
elektron serta letak unsur dalam SPU
|
v
|
||||
4.
|
Bila siswa pasif dalam
diskusi untuk menentukan konfigurasi elektron serta letak unsur dalam SPU
|
v
|
||||
5.
|
Bila siswa tidak terlibat
dalam diskusi untuk menentukan konfigurasi elektron serta letak unsur dalam
SPU
|
v
|
Mengetahui
Observer
[ ]
|
Jogjakarta, Agustus 2012
Guru
Dian Mayasari, S.Pd
|
LP – 03
PENILAIAN AFEKTIF
Siswa
:
Kelas :
Tanggal
:
Format
Pengamatan Perilaku Berkarakter
Jujur adalah Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang
yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
No
|
Rincian Tugas Kinerja
(RTK)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Keterangan
|
Jujur
|
Penilaian Rubrik :
Jujur
Nilai 4 :
|
Bila siswa mengerjakan sendiri, soal yang ada dalam kartu
unsur tanpa bertanya maupun melihat buku sumber.
|
Nilai 3 :
|
Bila siswa mengerjakan sendiri, soal yang ada dalam kartu
unsur tanpa membuka buku sumber tetapi bertanya kepada teman.
|
Nilai 2 :
|
Bila siswa mengerjakan sendiri, soal yang ada dalam kartu
unsur tanpa bertanya kepada teman tetapi membuka buku sumber.
|
Nilai 1 :
|
Bila siswa mengerjakan sendiri, soal yang ada dalam kartu
unsur tetapi bertanya kepada teman dan membuka buku sumber.
|
Mengetahui
Observer
[ ]
|
Jogjakarta, Agustus 2012
Guru
Dian Mayasari, S.Pd
|
No comments:
Post a Comment